Beranda | Artikel
Doa-Doa Sebelum Tidur - Panduan Amal Sehari Semalam (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)
Selasa, 6 Maret 2018

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary

Do’a-Do’a Sebelum Tidur adalah ceramah agama Islam yang disampaikan oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A. Ceramah agama ini membahas buku “Panduan Amal Sehari Semalam” yang berisi amalan-amalan yang semestinya dilakukan oleh seorang muslim dalam kesehariannya.

Ceramah agama tentang Do’a-Do’a Sebelum Tidur – Panduan Amal Sehari Semalam

Ketika kita tidur, kita menyerahkan diri kita kepada Allah subahanahu wa ta’ala karena Allah akan mengangkat ruh kita. Meski tidak secara permanen, tentu ini adalah peristiwa besar. Maka kita perlu dzikir dan do’a sebelum kita tidur. Bermohon kepada Allah dari segala macam gangguan dan was-was setan yang senantiasa menggantu kita baik pada saat kita terjaga maupun saat kita tidur.

Saat terjaga setan mengganggu kita, terlebih lagi saat kita tidur. Maka perlu seorang hamba berdo’a kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

Pada kajian sebelumnya telah dibahas tiga do’a. Dan do’a selanjutnya adalah do’a yang ke empat. Dimana Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berdo’a sebelum tidur.

َبِاسْمِكَ رَبِّ وَضَعْتُ جَنْبِي وَبِكَ أَرْفَعُهُ، إِنْ أَمْسَكْتَ نَفْسِي فَارْحَمْهَا، وَإِنْ أَرْسَلْتَهَا فَا حْفَظْهَا بِمَا تَحْفَظُ بِهِ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْن

Dengan menyebut nama-Mu, ya Allah, aku meletakkan tubuhku dan dengan menyebut namaMu aku mengangkatnya. Jika Engkau mengambil jiwaku maka rahmatilah ia, sebagaimana Engkau melepaskannya maka peliharalah ia, sebagaimana Engkau memelihara hamba-hamba-Mu yang shalih

Inilah salah satu do’a yang dapat kita baca sebelum tidur. Dimana isinya adalah penyerahan diri kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Bahwa kita menyerahkan diri kita kepada Allah yang akan mencabut ruhnya dari tubuh secara sementara dan apabila Allah berkendak, Allah akan mengembalikannya ke tubuh tersebut. Atau juga Allah dapat menahan ruh itu lalu mengembalikannya nanti ketika hari kiamat.

Simak penjelasan lengkapnya dan download MP3 ceramah agama tentang Do’a-Do’a Sebelum Tidur – Panduan Amal Sehari Semalam

Mari turut membagikan hasil rekaman ataupun link ceramah agama yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki, agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/30258-doa-doa-sebelum-tidur-panduan-amal-sehari-semalam-ustadz-abu-ihsan-al-atsary-m/